Sekolah Kedinasan Untuk Lulusan Jurusan IPS

Admin CMO • Senin, 11 Maret 2024

Sekolah Kedinasan Untuk Lulusan Jurusan IPS

Memasuki minggu kedua bulan Maret, lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin mendaftar sekolah kedinasan 2024 sudah harus bersiap-siap. Sesuai informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pendaftaran sekolah kedinasan 2024 akan dibuka pada minggu ketiga bulan Maret 2024. 

Bagi siswa dari jurusan IPS, juga punya kesempatan mendaftar di sekolah kedinasan. Meski tidak semua sekolah kedinasan memperbolehkan siswa jurusan IPS mendaftar, tapi ada beberapa sekolah kedinasan yang memperbolehkan siswa jurusan IPS untuk mendaftar. Apa saja sekolah kedinasan untuk jurusan IPS yang bisa kamu coba dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2024? 

Dilansir dari masing-masing laman sekolah kedinasan, berikut sekolah kedinasan untuk jurusan IPS yang bisa kamu coba.

  1. Sekolah Kedinasan Milik KEMENHUB (Kementerian Perhubungan)

Sekolah kedinasan di bawah Kemenhub membuka pendaftaran untuk jurusan IPS tahun 2023 dengan 22 sekolah kedinasan. Persyaratan meliputi ijazah SMA/SMK/MA untuk calon peserta yang sudah lulus, atau rapor SMA/SMK/MA (2 semester) untuk calon peserta yang belum lulus atau masih di kelas 12. Siswa juga harus menyertakan surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jika merupakan lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing.



  1. POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)

Sekolah kedinasan di bawah Kemenkumham membuka pendaftaran untuk jurusan IPS dengan syarat melibatkan pendidikan SLTA/sederajat. Siswa yang berminat harus berusia antara 17 hingga 23 tahun pada awal pendaftaran, yaitu tanggal 1 April tahun berjalan. Selain syarat usia, tinggi badan juga menjadi kriteria dengan minimal 170 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan, serta berat badan yang seimbang, ditentukan melalui tes kesehatan oleh Tim Medis yang ditunjuk panitia.

  1. POLTEKIM (Politeknik Imigrasi)

Satu lagi sekolah kedinasan Kemenkumha yakni Poltekim juga terbuka bagi siswa jurusan IPS. Syarat yang harus dipenuhi sama dengan syarat mendaftar sekolah kedinasan Poltekip. 

  1. STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN), terbuka untuk pendaftaran siswa dari SMA, SMK, dan MA dengan rentang usia antara 17 hingga 21 tahun. Persyaratan STIN melibatkan minimal pendidikan SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) dengan nilai rata-rata ijazah minimal 80 untuk lulusan tahun 2021 dan 2022. Bagi lulusan tahun 2023, nilai rata-rata rapor semester 1 hingga 5 minimal 75. Ini berarti siswa jurusan IPS dapat mendaftar ke STIN pada pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

  1. PKN STAN

Sekolah kedinasan berikutnya untuk jurusan IPS adalah PKN STAN. Calon siswa yang akan mendaftar di PKN STAN 2024 perlu memahami syarat pendaftarannya. Persyaratan melibatkan lulusan tahun 2021, 2022, atau calon lulusan tahun 2023 dari pendidikan menengah atas di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama. Siswa jurusan IPS juga dapat mendaftar di PKN STAN pada pendaftaran sekolah kedinasan 2024. Syarat usia juga berlaku, dengan batas maksimal 21 tahun pada tanggal 1 September tahun berjalan, dan minimal 14 tahun pada tanggal yang sama. PKN STAN juga mensyaratkan pendaftar memiliki Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT)

  1. IPDN

Sekolah kedinasan untuk jurusan IPS berikutnya adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Calon siswa yang berencana mendaftar IPDN tahun 2024 harus memiliki ijazah SMA atau MA, termasuk Paket C, dengan nilai rata-rata minimal 70,00. Bagi pendaftar dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya, nilai rata-rata ijazah minimal 65,00. Persyaratan lainnya mencakup usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Januari tahun berjalan. Selain itu, terdapat syarat tinggi badan, dengan pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

Demikian informasi mengenai sekolah kedinasan untuk jurusan IPS yang bisa dicoba dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2024. Sudah persiapkan dirimu buat masuk sekolah kedinasan impianmu? Yuk persiapkan dirimu dari sekarang bersama Bimbel Akses.

TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI KEDINASAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS PERGURUAN TINGGI KEDINASAN, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK SEKOLAH KEDINASAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 

Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes Sekolah Kedinasan, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk Sekolah Kedinasan 2024 Bersama Bimbel Akses.



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandir)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari Kementerian & 20% Akademisi Dosen

✔️ Perpustakaan digital dan Cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tokedinasan.com

✔️ Grup diskusi intensif

✔️ GRATIS soal harian plus pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan Impianmu untuk lolos ke Sekolah Kedinasan favorit kamu by Akses Education Centre.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi:

https://www.kompas.com/edu/read/2024/03/09/074100471/apa-saja-sekolah-kedinasan-untuk-jurusan-ips-ini-jawabannya?page=all#page2

Subscribes Channel Youtube Kami

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE