Prospek Kerja Lulusan STPN, Sekolah Kedinasan Kementerian ATR/BPN

Admin CMO • Selasa, 27 Februari 2024

Prospek Kerja Lulusan STPN, Sekolah Kedinasan Kementerian ATR/BPN

Salah satu sekolah kedinasan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN). 


STPN merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 


Meski bukan sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas, namun siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di STPN juga cukup banyak. 


STPN punya jurusan D3 Pertanahan dan D1 Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK). Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di STPN, ketahui dulu prospek kerja setelah lulus.




Prospek kerja lulusan STPN


Dilansir dari laman resminya, Senin (5/2/2024) berikut prospek kerja lulusan STPN: 


1. Berkesempatan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)/ Pegawai Pemerintah Non- Pegawai Negeri (PPNPN) sesuai formasi yang tersedia di Kementerian ATR/BPN. Kementerian atau Lembaga lain atau pemerintah daerah.


 2. Mendirikan Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) baik secara individu maupun kelompok atau perusahaan. 


3. Bekerja pada Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) sebagai surveyor maupun asisten surveyor kadastral (ASK) berlisensi. 


4. Bekerja di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). 


5. Bekerja pada Kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). 


6. Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pengelolaan aset tanah atau properti. 


7. Pengusaha jasa untuk layanan bidang agraria atau pertanahan dan tata ruang. 


8. Bekerja pada pengembang properti Setelah tahu prospek kerja lulusan STPN, calon mahasiswa juga perlu tahu syarat jika ingin mendaftar di sekolah kedinasan yang beralamat di Jalan Tata Bhumi Nomor 5, Banyuraden, Gamping, Sleman ini.


Berikut persyaratan umum mendaftar STPN mengacu pada syarat penerimaan tahun 2023: 


1. Pria atau wanita Warga Negara Indonesia (WNI) 


2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna total, bebas dari ketergantungan narkoba serta memenuhi standar kesamaptaan dibuktikan dengan tes kesehatan dan kesamaptaan yang dilaksanakan pada saat seleksi tahap akhir. 


3. Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya. Kecuali karena ketentuan agama/adat (bagi peserta wanita, tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari satu). 


4. Umur peserta tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 31 Agustus 2023 bagi urusan pendidikan atas (SMA/MA) dan pendidikan menengah kejuruan (SMK/MAK). Tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun pada tanggal 31 Agustus 2023 bagi lulusan Program Diploma I PPK. 


5. Tidak menuntut untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 


6. Khusus untuk peserta dari jalur kerjasama pemerintah daerah, persyaratan lainnya ditentukan berdasarkan perjanjian kerjasama.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI KEDINASAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS PERGURUAN TINGGI KEDINASAN, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK SEKOLAH KEDINASAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes Sekolah Kedinasan, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk Sekolah Kedinasan 2024 Bersama Bimbel Akses.