Persyaratan Untuk Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Admin CMO • Kamis, 12 Januari 2023

Persyaratan Untuk Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

bimbelkedinasan.id - Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan milik Badan Intelijen Nasional (BIN), perlu tahu syarat masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). STIN termasuk sekolah kedinasan favorit bersama sejumlah sekolah kedinasan lainnya. Seperti Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Statistika STIS dan Politeknik Imigrasi. STIN punya visi menjadi Perguruan Tinggi Intelijen bertaraf Internasional (World Class Intelligence College) yang mempunyai keunggulan dan kewibawaan dalam mendukung terwujudnya keamanan nasional. STIN bisa menjadi sekolah kedinasan favorit karena punya sejumlah keunggulan. Selain lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jika diterima di STIN, selama kuliah taruna dan taruni tidak dipungut biaya apapun. Mereka akan tinggal di asrama, mendapat konsumsi hingga seragam.

 

 

Tak hanya itu, pembelajaran yang diberikan selama mengenyam pendidian di STIN juga dijamin kualitasnya. Empat program studi di STIN sudah terakreditasi oleh BAN-PT. Prodi S2 Terapan Intelijen Medik memiliki akreditasi Baik Sekali. Prodi S1 Analis Intelijen, S1 Agen Intelijen dan S2 Kajian Intelijen punya akreditasi Unggul. Prodi S2 Kajian Intelijen memiliki akreditasi A. Jika kamu termasuk siswa yang bersiap-siap mendaftar sekolah kedinasan khususnya STIN, berikut syarat pendaftaran mengacu pada penerimaan mahasiswa baru STIN 2022/2023:

 

Persyaratan umum dan administrasi mendaftar STIN

 

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

2. Tidak pernah terlibat tindak pidana.

3. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

4. Berpendidikan minimal SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan: Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020 dan 2021, nilai rata-rata ijazah minimal 80 Bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022, nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan semester 5 minimal 75.

5. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan.

6. Belum pernah melahirkan (perempuan) dan belum pernah punya anak biologis (laki-laki).

 

 

7. Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato.

8. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (perempuan).

9. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki).

10. Sehat jasmani, rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang.

11. Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau - (minus).

12. Tidak buta warna.

13. Tinggi badan minimal (berat badan seimbang menurut ketentuan berlaku): Putra : 165 cm Putri : 160 cm

14. Usia pada 31 Desember 2022 serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun (dibuktikan dengan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir).

15. Mendapatkan persetujuan orangtua atau wali yang dibuktikan dengan surat pernyataan orangtua/wali.

16. Peserta seleksi penerimaan Taruna/i STIN tidak dipungut biaya kecuali biaya mengikuti SKD. Persyaratan administrasi untuk mendaftar STIN berupa:

  • Surat Izin Orangtua/Wali.
  • Fotocopy ijazah untuk lulusan 2020 dan 2021.
  • Surat keterangan lulus dari sekolah bagi lulusan tahun 2022.
  • Pas Foto dengan ketentuan: Pasfoto 4x6 (1buah): Putra latar Merah dan Putri latar Biru Foto berwarna seluruh badan ukuran postcard (Pakaian Putih dengan bawahan hitam bahan) tampak depan, tampak samping kanan kiri dan tampak belakang
  • Fotocopy Akta Kelahiran/Surat Keterangan Kelahiran/Kenal Lahir, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu BPJS.

 

 

Nah, Itulah syarat masuk sekolah tinggi intelijen negara STIN yang perlu diketahui para siswa. Pendaftaran sekolah kedinasan 2023 belum ada informasi resmi, namun para siswa bisa mempersiapkan semuanya dari sekarang.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses ?.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.
2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.
3. Pengajar sangat berkompeten.
4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.
5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

 

Nah itu dia mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sekolah kedinasan dan menjadi abdi negara bersama bimbel aksesdaftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes sekolah kedinasan bersama education consultant bimbel akseschat disini.

Salam sukses !

 

 

 

Referensi :

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/05/180310971/syarat-masuk-stin-sekolah-kedinasan-milik-bin-lulus-jadi-cpns?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami

Akses

Copyright © 2023. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE