Mengenal Lebih Dekat Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Admin CMO • Selasa, 13 Desember 2022

Mengenal Lebih Dekat Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

bimbelkedinasan.id - Sekolah Tingi Intelijen Negara (STIN) merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh badan Pemerintah. Perguruan tinggi kedinasan, yang masih menggunakan sistem kedinasan tersebut berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya yang sudah berdiri sebelum tahun 2000an. Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, baru terbentuk pada tahun 2004.

 

Seiring dengan harapan tersebut, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN berusaha menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki berkompeten dalam akademik dan mempunyai keahlian profesional. Sehingga, mahasiswa Sekolah Tinggi Intelijen Negara mampu mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu-ilmu intelijen. Ilmu-ilmu intelijen yang dimaksud, seperti ilmu pengetahuan, ilmu teknologi, dan ilmu seni di bidang intelijen yang bertujuan untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

 

 

Untuk masa pendidikan di Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN itu sendiri adalah empat tahun, yang mempelajari mata kuliah umum seperti ekonomi, sosial, politik, hukum, dan sejarah. Selain mata kuliah umum, taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, tentunya juga akan mendapatkan ilmu keintelijenan. Dan harus menguasai satu bahasa asing.

 

Taruna Sekolah Intelijen Negara STIN, diberikan pilihan beberapa bahasa asing seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, dan bahasa Prancis. Bahasa Inggris tidak termasuk dalam kategori, lantaran taruna Sekolah Intelijen Negara STIN karna diwajibkan dari awal untuk menguasai bahasa pengantar internasional tersebut.

 

 

Selain, melatih kemampuan intelektual. Taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN, juga dilatih secara fisik. Karena ketika bertugas di lapangan nanti, taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara pasti terlibat dalam situasi-situasi yang mengharuskan menggunakan kemampuan fisik mereka. Kemampuan fisik mereka dilatih agar bisa menghadapi segala macam kondisi saat bertugas di lapangan, nantinya. Meskipun sejarah pendirian yang sangat singkat, Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN tetap menjadi primadona di kalangan lulusan siswa SMA, SMK, dan sederajat, Selain terjamin dari segi karir. Calon taruna yang lolos seleksi masuk Sekolah Intelijen Negara STIN, tidak dipungut biaya operasional kuliah dalam bentuk apapun alias gratis.

 

Sekolah Intelijen Negara STIN ini dimulai dari satu gagasan, bahwa intelijen  adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari, seperti ilmu-ilmu umum lainnya. Berangkat dari gagasan tersebut, pada tahun 2002 Prof. Dr. A. M. Hendropriyono, Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (purn) memprakarsai pendirian perguruan tinggi kedinasan dalam bidang ilmu intelijen ini. Satu tahun setelahnya, pada tanggal 9 Juli 2003, Megawati Soekarnoputri selaku Presiden Republik Indonesia, meresmikan berdirinya Institut Intelijen Negara (IIN). Namun, pada tahun 2004 Institut Intelijen Negara berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Intelijen Negara berdasarkan dengan UU 17/2011 tentang alumni Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) utama dalam lingkungan Badan Intelijen Negara . Di tahun yang sama, Sekolah Intelijen Negara STIN menyelenggarakan kuliah perdananya.

 

Walaupun masih terbilang sekolah kedinasan yang sanggat muda, kualitas pendidikan Sekolah Intelijen Negara STIN tidak dapat dipandang sebelah mata. Perguruan tinggi yang berkedudukan di Sumur Batu, Babakan Madang Bogor, Jawa Barat sudah memetakan kurikulum pendidikannya dengan sangat baik. Terlihat, dari penyusunan sasaran, fungsi, dan tujuan didirikannya Sekolah Intelijen Negara STIN.

Rekomendasi untuk kamu ingin masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara STIN ada baiknya untuk mengikuti persiapkan dari jauh jauh hari dengan cara mengikuti Bimbel di Bimbel Akses. Dengan mengikuti bimbel tersebut, maka tentu saja Anda akan lebih mudah dalam mempersiapkan diri agar lolos.

Nah, Itulah informasi tentang sekolah tinggi intelijen negara STIN, Semoga info terkait STIN membantu kamu ya untuk masuk sekolah tinggi intelijen negara STIN.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ?

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.


2. Terbukti meloloskan ribuan peserta menjadi Abdi Negara, cek testimoninya, .


3. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.


4. Pengajar sangat berkompeten.


5. Memiliki fasilitas & sarana super lengkap

 

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel aksesdaftar sekarang.

 

Salam sukses !

 

 

 

 

Referensi :

https://www.gramedia.com/pendidikan/universitas/sekolah-tinggi-intelijen-negara-stin/

Subscribes Channel Youtube Kami

Akses

Copyright © 2023. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE